Theme Preview Rss

Proses Pembubutan





  • Pembubutan Memanjang dan Melintang
Pembubutan memanjang (Gambar a) : gerak laju penyayatan sejajar dengan sumbu putaran. Dalam hal ini proses pembubutan berlangsung pada bidang luar benda kerja. Pembubutan melintang (Gambar b) : gerak laju penyayatan tegak lurus atau melintang dengan sumbu putaran. 




  • Pembubutan Tirus
Membubut tirus dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan tambahan alat bubut taper dan dengan memiringkan eretan atas sebesar sudut  α . Untuk menghitung sudut α dapat diketahui dengan rumus  α = D - d/ 2L .




  • Pembubutan Eksentrik
Membubut eksentris dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Diantara dua senter dapat digunakan untuk melakukan pembubutan eksentris. Alat yang digunakan untuk mengikat benda kerja pada saat pembubutan adalah lathe dog. Selain itu pembubutan eksentris dapat juga dilakukan dengan menggunakan chuck kepala empat atau biasa juga disebut independent chuck atau dengan menggunakan ganjal.




  • Pembubutan Ulir
Proses pembuatan ulir pada mesin bubut dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan pitch/kisar dari ulir yang akan dibuat. Penyetelan pitch/kisar ini langsung dilakukan di mesin bubut. Sedangkan penyetelan pahat potong harus setinggi sumbu benda kerja yang kemudian posisi pahat disetel dengan alat pengukur kedudukan.



0 komentar:

Posting Komentar